Tips Memilih HP Murah Tapi Bekas – Jika Anda ingin membeli smartphone

Tips Memilih HP Murah Tapi Bekas – Jika Anda ingin membeli smartphone atau ponsel second, Perlu memperhatikan tips memilih ponsel yang murah tapi bagus berikut ini. Tips Memilih HP Seperti yang Anda ketahui, membeli ponsel bekas sangat berbahaya.

Hal ini dikarenakan pembeli tidak mengetahui secara pasti komponen mana yang rusak atau diganti sebelum membeli HP kedua.

Mengacu pada kompas.com, laporan OptoFidelity, perusahaan pengujian seluler bekas, menemukan bahwa tombol fisik untuk volume dan daya paling mudah rusak.

Hal ini diketahui setelah dilakukan pengujian lebih dari 1 juta ponsel bekas (bekas).
Ini misalnya bagaimana mendapatkan ponsel yang kuat dengan harga yang lebih terjangkau.

Tips Memilih HP Murah Tapi Bekas

1. Pastikan Anda memiliki spesifikasi yang Anda butuhkan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah keinginan Anda akan fitur dari sebuah smartphone.
Misalnya, jika Anda menyukai fotografi, Anda harus mencari perangkat kedua dengan kualitas kamera dan fitur yang mendukung foto Anda.

Baca Juga: Ponsel Android yang mendukung jaringan 5G! – Jaringan internet 5G

Kemudian bagi Anda yang menyukai game mobile, sebaiknya cari tahu dulu ponsel apa saja yang memiliki game di kelasnya yang cocok untuk Anda. Setelah Anda memutuskan fitur mana yang Anda butuhkan, Anda juga harus mempertimbangkan merek HP.

2. Sesuaikan dengan Budget

Tips Memilih HP Murah Tapi Bekas - Jika Anda ingin membeli smartphone

Kemudian Anda juga harus memperhatikan budget atau pengeluaran yang Anda perlukan untuk membeli ponsel second. Pasalnya, tidak semua ponsel bekas harganya murah, namun ada beberapa yang harganya cukup mahal.

Karena itu, sudah dikatakan sebelumnya bahwa Anda harus terlebih dahulu memahami HP mana yang Anda inginkan. Jadi kamu bisa memilih kelas HP dari entry level, middle class, middle class hingga flagship.

3. Cek kelengkapan asesorisnya

Meski membeli ponsel bekas, Anda pasti menginginkan penawaran terbaik bukan?
Jadi, jika Anda ingin membeli ponsel second, Anda harus bertanya kepada penjualnya terlebih dahulu.
Misalnya, Anda dapat meminta peralatan seperti pengisi daya, kabel USB, headphone, serta petunjuk yang biasanya disertakan dengan pembelian.

Atau sebaiknya Anda juga menanyakan kondisi box smartphone yang ingin Anda beli. Karena dengan kotak yang rusak atau cacat, Anda mungkin dapat mengajukan penawaran yang lebih rendah.

Baca Juga: HP layar 7 inci terbaik – Meski banyak orang

4. Periksa Status IMEI

Tips Memilih HP Murah Tapi Bekas - Jika Anda ingin membeli smartphone

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli perangkat bekas adalah status IMEI perangkat tersebut.
Seperti yang Anda ketahui, IMEI dapat dibandingkan dengan CTP smartphone.

Jadi jika melihat daftar IMEI, Anda bisa mengetahui status ponsel yang ingin Anda beli. Jika ponsel kedua yang ingin Anda beli tidak memiliki IMEI, Anda cukup membatalkan transaksi. Pasalnya, pemerintah Indonesia akan memblokir perangkat yang tidak terdaftar di mesin IMEI.